Oct 4, 2018

[Tugas Mandiri] Perangkat Jaringan Komputer - Makul Jaringan Komputer BSI Semester 5

Perangkat Jaringan Komputer - Pengertian perangkat keras jaringan komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer lainnya dalam jaringan untuk tujuan berbagi data, berbagi informasi serta berbagi peripheral dalam jaringan adapun contoh dari perangkat keras jaringan komputer antra lain :

Perangkat Jaringan Komputer

Repeater

Repeater adalah sebuah komponen yang berfungsi memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari satu segmen kabel LAN ke segmen LAN berikutnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen LAN pertama sehingga dengan adanya repeater ini, jarak antara dua jaringan komputer dapat diperluas.
image source : ebay.com

Bridge

Bridge adalah sebuah komponen jaringan komputer yang dapat digunakan untuk memperluas jaringan ataupun membuat sebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan-lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat dipakai untuk menggabungkan 2 (dua) buah media jaringan yang berbeda, seperti misalnya antara media kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair) dengan kabel serat optic/dua buah arsitektur jaringan yang berbeda. Bridge berfungsi sebagai pembagi sebuah jaringan sehingga menjadi dua buah jaringan. Bridge dapat mengatur informasi diantara kedua sisi network agar bisa berjalan dengan teratur.
image source : dcsltd.co.uk

NIC (Network Interface Card)

NIC (Network Interface Card) atau yang biasa disebut LAN card in adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Komponen ini biasanya sudah terpasang secara onboard di beberapa komputer atau laptop.
image source : pinterest.com

Sumber 1 : PDF
Sumber 2 : Belajar Komputer

Sep 19, 2018

[Tugas Mandiri] Jenis Jenis Jaringan Komputer - Makul Jaringan Komputer BSI Semester 5


[Tugas Mandiri] Jenis Jenis Jaringan Komputer – Berikut ini adalah jenis – jenis jaringan komputer;

1. PAN (Personal Area Network)

PAN adalah singkatan dari personal area network. Jenis jaringan komputer PAN adalah hubungan antara dua atau lebih sistem komputer yang berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan yang satu ini hanya berjarak 4 sampai 6 meter saja. Jenis jaringan ini sangat sering kita gunakan. contohnya menghubungkan hp dengan komputer.

2. LAN (Local Area Network)

Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
- Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
- Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
- Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

3. WAN (Wide Area Network)

WAN singkatan dari wide area network. WAN adalah jenis jaringan komputer yang mencakup area yang cukup besar. contohnya adalah jaringan yang menghubugkan suatu wilayah atau suatu negara dengan negara lainnya.

4. MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan adalah jaringan komputer yang  meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan departemen dimana beberapa kantor departemen tingkat kabupaten/kota  dihubungkan antara satu dengan lainnya.

Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

Sumber 1 : Intannanda's Blog
Sumber 2 : Hernawatiweb

Jul 13, 2018

Kunci Jawaban Soal Ujian UAS E-Learning Bahasa Indonesia BSI Purwokerto Semester 4 Terbaru 2018 [Jurusan Manajemen Informatika]

Kunci Jawaban Soal Ujian UAS E-Learning Bahasa Indonesia BSI Purwokerto Semester 4 - Berikut ini adalah jawaban uas e-learning bahasa indonesia amik bsi purwokerto

Kunci Jawaban Soal Ujian UAS E-Learning Bahasa Indonesia

1. Kalimat yang berisi ajakan, suruhan, atau larangan untuk melakukan sesuatu dinamakan kalimat
Jawaban : Kalimat Perintah
2. Yang dimaksud dengan catatan yang dicantumkan pada kaki halaman karangan atau di setiao akhir bab karangan adalah catatan
Jawaban : Catatan Kaki
3. Salah satu perangkat multimedia di era teknologi yang dapat dipergunakan untuk berpidato adalah
Jawaban : Laptop
4. Di bawah ini, manakah di antara daftar pustaka untuk nama penulis yang lebih dari empat orang yang paling tepat
Jawaban : Luxemburg, Jan van dkk. 1989. Tentang Sastra. Terjemahan Achadiati Ikram. Jakarta: Intermasa.
5. Makna yang asosiatif, makna yang timbul sebagai akibat dari sikap sosial, sikap pribadi, dan kriteria tambahan yang dikenakan pada sebuah makna konseptual, disebut makna
Jawaban : Makna Konotatif
6. Halaman yang berisikan pernyataan dari pembimbing TA bahwa tulisan anda telah disetujui dan layak untuk diujikan pada sidang TA terdapat pada halaman
Jawaban : Halaman Penyetujuan
7. Manakah penulisan yang paling tepat di bawah ini untuk nama penulis pada daftar pustaka yang terdiri dari tiga unsur, seperti Riana Kusuma Dewi
Jawaban : Dewi, Riana Kusuma
8. Salah satu teknik notasi ilmiah yang merupakan  kumpulan sumber bacaan atau sumber referensi saat menulis karangan ilmiah dinamakan
Jawaban : Daftar Pustaka
9. Kalimat yang digunakan jika penulis hendak memberitakan, memberitahukan, atau menginformasikan sesuatu dinamakan kalimat
Jawaban : Kalimat Pernyataan
10. Menarik minat dan perhatian peserta merupakan salah satu kiat presentasi yang
Jawaban : Efektif
11. Kaitan antara kata yang diucapkan dan suasana hati, misalnya gembira, sedih, sendu, atau khidmat sesuai dengan tujuan acara yang ditetapkan dinamakan
Jawaban : Warna Suara
12. Seseorang yang menyampaikan isi makalah dinamakan
Jawaban : Penyaji
13. Catatan kaki dari sumber yang pernah dikutip, tetapi halaman berbeda dan telah disisipi catatan kaki lain dari sumber lain merupakan penggunaan pada
Jawaban : Op. Cit.,
14. Penulisan susunan daftar pustaka untuk nama belakang penulis, atau nama lembaga yang menerbitkan sumber bacaan, buka berdasarkan urutan angka atau huruf disusun berdasarkan urutan
Jawaban : Urutan Abjad 
15. Jika judul karangan ilmiah lebih dari satu baris, maka disusun dengan
Jawaban : Piramida Terbalik
16. Bentuk istilah yang maknanya terangkum oleh bentuk umum (superordinat)-nya yang bermakna lebih luas, disebut dengan kata
Jawaban : Kata Khusus (Hiponim)
17. Kerangka karangan atau intisari sebuah karangan disebut
Jawaban : Daftar Isi
18. Konstruksi yang khas pada suatu bahasa yang salah satu unsurnya tidak dapat dihilangkan atau diganti dinamakan ungkapan
Jawaban : Ungkapan Idiomatik
19. Penulisan judul karangan lengkap dengan sub judul, logo, bentuk karangan, tujuan penyusunan, nama penyusun/identitas, nama lembaga pendidikan, nama kota tempat lembaga pendidikan tinggi berada, dan tahun penyusunan terdapat pada halaman
Jawaban : Halaman Judul
20. Kalimat aktif dan kalimat pasif merupakan bagian dari kalimat
Jawaban : Kalimat Pernyataan
21. Ide, gagasan, kesibukan, keinginan, angan-angan, kehendak, dan perdamaian merupakan beberapa contoh kata
Jawaban : Kata Abstrak
22. Kalimat yang dipakai oleh penutur untuk mengungkapkan perasaan emosi yang kuat, termasuk kejadian yang tiba-tiba dan memerlukan reaksi spontan dinamakan kalimat
Jawaban : Kalimat Seru
23. Yang dimaksud dengan bentuk yang tulisannya dipendekkan atau singkatan adalah hasil menyingkat atau memendekkan berupa huruf atau gabungan menyingkat atau memendekkan berupa huruf atau gabungan huruf adalah
Jawaban : Singkatan (Akronim)
24. Pokok permasalahan yang akan dibahas atau pertanyaan-pertanyaan berupa pokok permasalahan yang akan dibahas dalam karangan ilmiah terdapat pada
Jawaban : Rumusan Masalah
25. Pendeskripsian secara singkat, jelas, dan tajam mengarah pada rumusan masalah dan latar belakang masalah terdapat pada
Jawaban : Tujuan Penelitian
26. Yang dimaksud dengan penggunaan teori, konsep, ide, dan lain yang sejenis yang berasal dari sumber lain, baik secara langsung maupun tidak langsung adalah
Jawaban : Kutipan
27. Perhatikanlah kalimat di bawah ini:

Hanya dengan bekerja, bekerja, ya bekerja, tujuan kita akan tercapai.

Kalimat di atas merupakan kalimat berepetisi
Jawaban : Berepetisi Bentuk
28. Penyuntingan naskah pidato berkaitan dengan tiga hal, yaitu isi, bahasa, dan
Jawaban : Penalaran
29. Apa yang dimaksud dengan makna dalam alam wajar secara eksplisit, konseptual, dan sesuai apa adanya adalah makna
Jawaban : Makna Denotatif
30. Di bawah ini, manakah di antara penulisan daftar pustaka untuk nama penulis terdiri dari dua orang yang paling tepat
Jawaban : Arifin, Zaenal dan S. Amran Tasai. 2006. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo.
31. Penulisan catatan kaki yang digunakan untuk pencantuman sumber bacaan yang sama, tetapi sudah diselingi oleh sumber bacaan yang lain terdapat pada
Jawaban : Loc. Cit.,
32. Yang dimaksud dengan ikhtisar, sinopsis, kependekkan, dan pernyataan padat, sebagai pernyataan ulang, ide – ide penting yang berasal dari tulisan yang panjang atau suatu laporan disebut
Jawaban : Abstrak
33. Catatan kaki yang sumbernya sama dengan catatan kaki yang tepat di atasnya dipergunakan untuk
Jawaban : Ibid.,
34. Ucapan puji dan syukur, tujuan penulisan, penyebutan pihak-pihak yang telah turut membantu, ucapan terima kasih, tempat dan tanggal, dan nama penulis terdapat pada halaman
Jawaban : Halaman Kata Pengantar
35. Meja, rumah, mobil, air, cantik, hangat, wangi, dan suara merupakan beberapa contoh kata
Jawaban : Kata Kongkret
36. Kata yang terangkai menjadi kalimat sebagai pengantar karangan disebut kata
Jawaban : Kata Pengantar
37. Alinea yang dipergunakan untuk penulisan daftar pustaka adalah alinea
Jawaban : Alinea menggantung atau menonjol
38. Presentasi yang dilakukan untuk menyajikan karya tulis atau karya ilmiah seseorang di depan forum undangan atau peserta dinamakan presentasi
Jawaban : Presentasi Ilmiah
39. Yang dimaksud dengan dua kata atau lebih yang pada asasnya mempunyai makna yang sama, tapi bentuknya berlainan adalah
Jawaban : Sinonim
40. Yang dimaksud dengan ungkapan khas kebahasaan yang salah satu unsurnya yang tidak bisa tergantikan oleh unsur lain dinamakan
Jawaban : Idiomatik
41. Membaca naskah, mencatatat fakta-fakta, membuat garis-garis rancangan, menulis konsep abstrak, dan meluas atau meringkaskan konsep merupakan langkah-langkah penulisan
Jawaban : Penulisan Abstrak
42. Dua istilah atau lebih yang sama ejaan dan lafalnya, tetapi maknanya berbeda karena asalnya berlainan disebut
Jawaban : Homonim
43. Kalimat yang subjeknya dikenai suatu perbuatan atau aktivitas dinamakan kalimat
Jawaban : Kalimat Pasif
44. Pendeskripsian tentang permasalahan umum dari topik yang akan diteliti terdapat pada
Jawaban : Latar Belakang Masalah
45. Di bawah ini, manakah di antara penulisan daftar pustaka yang diterbitkan oleh Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa yang paling tepat
Jawaban : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2005. Kamus Istilah Ekonomi. Jakarta: PT Balai Pustaka
46. Seseorang yang berfungsi sebagai pengatur jalannya presentasi atau diskusi, termasuk penentu waktu yang disediakan untuk presentasi ilmiah dinamakan
Jawaban : Moderator
47. Kalimat yang dipergunakan berulang untuk mencitarasakan kalimat dengan menghindarkan pengulangan kata yang lemah dayanya dinamakan kalimat
Jawaban : Kalimat Berepetisi
48. Pada bagian tengah atas, penulisan tajuk daftar pustaka menggunakan huruf
Jawaban : Huruf Kapital
49. Kata yang acuannya semakin mudah diserap panca indera, disebut dengan kata
Jawaban : Kata Kongkret
50. Kata yang Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

Aduh, pegangan saya terlepas!

Berdasarkan contoh kalimat di atas, kalimat tersebut merupakan kalimatcuannya semakin mudah diserap panca indera, disebut dengan kata
Jawaban : Kalimat Seru

Kemarin saya salah di nomor 32 yang seharusnya jawabannya adalah abstrak, bukan kesimpulan.
Semoga bermafaat buat yang lagi uas.

Nov 26, 2017

Program Kasir Banana Nuget dengan Java Netbeans [TUGAS PEMROGRAMAN VISUAL 1 BSI SEMESTER 3]

Lagi ngerjain tugas ya bro. Ini adalah tugas pemrograman visual yaitu membuat program kasir dengan judul Banana Nuget dengan menggunakan java netbeans. Langsung saja kita terjun ke TKP haha..

  • Silahkan buat desainnya dahulu seperti gambar dibawah ini[gambar] 

  • Jika desainnya sudah jadi, pastikan variabel namenya sudah diganti sesuai dengan yang ada pada lembar tugas Banana Nuget
  • Selanjutnya klik 2x pada radio button oreo lalu masukan kode dibawah ini[kode] 
private void rboreoActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // kode oreo@ahmadadha:
        int oreo=5000;
if(rboreo.isSelected()){
jtoping.setText(""+rboreo.getText());
jtoping.setText(""+oreo);
}
else{
    jtoping.setText("");
}
    }                                     

    private void rbkejuActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // kode keju@ahmadadha:
        int keju=3000;
if(rbkeju.isSelected()){
jtoping.setText(""+rbkeju.getText());
jtoping.setText(""+keju);
    }                                     
    else{
    jtoping.setText("");
}
    }                                     

    private void rbmiloActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // kode milo@ahmadadha:
        int milo=6000;
if(rbmilo.isSelected()){
jtoping.setText(""+rbmilo.getText());
jtoping.setText(""+milo);
}
else{
    jtoping.setText("");
}
    }                                     

    private void rbnutelaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // kode nutela@ahmadadha:
        int nutela=7000;
if(rbnutela.isSelected()){
jtoping.setText(""+rbnutela.getText());
jtoping.setText(""+nutela);
}
else{
    jtoping.setText("");
}
    }                                       

    private void rbcoklatActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // kode coklat@ahmadadha:
        int coklat=2500;
if(rbcoklat.isSelected()){
jtoping.setText(""+rbcoklat.getText());
jtoping.setText(""+coklat);
}
else{
    jtoping.setText("");
}
    }

  • Lanjutkan seterusnya hingga kode untuk tiap menu toping sudah terisi
  • Jika kode untuk toping sudah selesai, selanjutnya klik 2x pada button hitung dan masukan kodenya dibawah ini[kode]
private void bhitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // kode hitung@ahmadadha:
        int total=0;
if(rboreo.isSelected()){
String rboreo=jbeli.getText();
int jbeli=Integer.parseInt(rboreo);
int jtoping=jbeli * 5000;
total=total+jtoping;
}
if(rbkeju.isSelected()){
String rbkeju=jbeli.getText();
int jbeli=Integer.parseInt(rbkeju);
int jtoping=jbeli * 3000;
total=total+jtoping;
}
if(rbmilo.isSelected()){
String rbmilo=jbeli.getText();
int jbeli=Integer.parseInt(rbmilo);
int jtoping=jbeli * 6000;
total=total+jtoping;
}
if(rbnutela.isSelected()){
String rbnutela=jbeli.getText();
int jbeli=Integer.parseInt(rbnutela);
int jtoping=jbeli * 7000;
total=total+jtoping;
}
if(rbcoklat.isSelected()){
String rbcoklat=jbeli.getText();
int jbeli=Integer.parseInt(rbcoklat);
int jtoping=jbeli * 2500;
total=total+jtoping;
}jharga.setText(""+total);
    }

  • Untuk button hapus, kodenya dibawah ini[kode]
private void bhapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // kode hapus@ahmadadha:
        jkasir.setText("");
        jbeli.setText("");
        rboreo.setSelected(false);
        rbkeju.setSelected(false);
        rbmilo.setSelected(false);
        rbnutela.setSelected(false);
        rbcoklat.setSelected(false);
        jtoping.setText("");
        jharga.setText("");
        jbayar.setText("");
        jkembali.setText("");
    }
  • Untuk button bayar kodenya dibawah ini[kode]
private void bbayarActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // kode bayar@ahmadadha:
        int bayar=0;
        String ub=jbayar.getText();
        String harga=jharga.getText();
        int uhar=Integer.parseInt(harga);
        int ubayar=Integer.parseInt(ub);
        bayar=ubayar-uhar;
        jkembali.setText(""+bayar);
    }
  • Untuk button keluar kodenya dibawah ini[kode]
private void bkeluarActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // kode keluar@ahmadadha:
        int x;
x=JOptionPane.showConfirmDialog(null,"Yakin mau keluar?","Konfirm",JOptionPane.YES_NO_OPTION);

if(x==JOptionPane.YES_NO_OPTION)

dispose();

else

return;
    }

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman kamu.

Oct 27, 2017

Soal Simulasi Interaksi Manusia Komputer BSI Semester 3



1. Untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer ketika berhubungan dengan aspek fisik dapat diperoleh dengan mempelajari ilmu :
Jawaban : Ergonomik

2. Bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik disebut :
Jawaban : Media Tekstual

3. Tanggapan subjektif pada cahaya disebut :
Jawaban : Kecerahan

4. Program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas, misalnya membuat dokumen manipulasi photo dan membuat laporan disebut :
Jawaban : Piranti bantu aplikasi

5. Salah satu Model Aplikasi dalam mendesain sebuah layout, adalah :
Jawaban : Berbasis GUI

6. Yang merupakan karakteristik ragam dialog adalah :
Jawaban : konsistensi

7. Dibawah ini merupakan bagian dari program aplikasi adalah :
jawaban : Bagian Antarmuka

8. Yang termasuk Media antarmuka manusia dan komputer adalah :
Jawaban : Media GUI

9. Penyajian langsung aktifitas kepadv pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer merupakan pengertian :
Jawaban : Manipulasi Langsung

10. User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan dari suatu aplikasi ke aplikasi lain pada prinsip desain antar muka sering disebut :
Jawaban : Consistency

11. Yang merupakan aspek perangkat lunak dari sistem komputer adalah :
Jawaban : Operating System

12. User mendapatkan dampaknya dengan segera setelah melakukan suatu aksi, pada prinsip desain antar muka sering disebut :
Jawaban : Direct Manipulation

13. Software yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugasnya disebut :
Jawaban : Application Software

14. Yang merupakan hardware Output pada sistem komputer adalah :
Jawaban : Monitor

15. Ragam dialog yang dikemas sejumlah perintah ke dalam suatu bentuk berkas berupa batch file adalah :
Jawaban : Programming Language Dialogue

16. Dibawah ini merupakan bagian dari program aplikasi adalah :
Jawaban : Bagian Antarmuka

17. Pada aspek pendengaran, telinga manusia tidak akan mendengar suara dengan frekuensi :
Jawaban : Kurang dari 20 dB

18. Yang termasuk Media antarmuka manusia dan komputer adalah :
Jawaban : Media GUI

19. Yang merupakan ragam dialog dalam sistem menu adalah :
Jawaban : Sistem menu datar

20. WYSIWYG dalam prinsip desain antar muka merupakan singkatan dari :
Jawaban : What You See Is What You Get



Tag : #Soal Simulasi Interaksi Manusia Komputer BSI Semester 3 #
#Jawaban Simulasi Interaksi Manusia Komputer BSI Semester 3

Sep 30, 2017

Tugas Kelompok Pertemuan 2 SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


Rancanglah Sebuah Sistem Informasi sederhana yang kamu ketahui dan jelaskan prosedur sistem berjalannya serta komponen sistem informasi yang terlibat.

SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN SPP SEKOLAH

Gambar ringkasan prosedur


1. Prosedur berjalannya sistem SPP SEKOLAH
  • Siswa membayar (menyetorkan) uang spp ke petugas (admin) serta menyetorkan data pribadi siswa ke admin seperti Nama, NIS, jumlah bayar dan lain-lain.
  • Petugas (admin) menginput data siswa tadi serta data pembayaran ke aplikasi Pembayaran SPP Sekolah.
  • Setelah proses penginputan data tersebut telah selesai, petugas (admin) tadi akan membuat laporan bahwa pembayaran SPP oleh siswa A telah selesai/lunas.
  • Selanjutnya, bendahara sekolah akan menerima laporan pembayaran dari petugas (admin).
  • Dan yang terakhir, bendahara akan menginputkan data pembayaran tadi ke dalam database sekolah. Lalu mengeluarkan/mencetak sebuah struck sebagai bukti pembayaran SPP oleh siswa A telah lunas.
2. Komponen Sistem Informasi yang Terlibat
  • Perangkat Keras (Hardware)
  • Perangkat Lunak (Software)
  • Database
  • Prosedur
  • Personil terdiri dari siswa, petugas (admin), bendahara sekolah
  • Jaringan komputer dan komunikasi data

Gambar aplikasi untuk petugas (admin)



Gambar aplikasi input database


Sekian ulasan tentang soal tugas kelompok pertemuan 2 mata kuliah SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BSI semester 3. Untuk yang ingin mendownload contoh aplikasi pembayaran SPP sekolah bisa melalui link di bawah ini.